Wisata Jogja Candi Prambanan

Bicara soal candi di Indonesia tentu tidak ada habisnya, karena ada banyak sekali jumlahnya. Namun, salah satu candi yang populer dan merupakan candi peninggalan Hindu yang terbesar di Indonesia adalah Candi Prambanan. Candi ini sudah dibangun sejak tahun 850 Masehi oleh para raja-raja yang berasal dari Dinasti Sanjaya.

Candi Prambanan dibangun bukan tanpa alasan. Candi ini memiliki nilai religius tersendiri bagi umat Hindu, karena  pembangunannya ditujukan sebagai penghormatan pada Tri-Murti (tiga dewa utama dalam agama Hindu), yang terdiri dari Dewa Brahmana (Pencipta), Dewa Wishnu (Dewa Pemelihara), dan Dewa Siwa (Pemusnah).

Selain memiliki nilai religius bagi umat Hindu, Candi yang megah dan indah ini juga memiliki berbagai hal yang penting untuk di eksplorasi. Mulai dari legenda Roro Jonggrang, Sendratari Ramayana, hingga kompleks bangunannya yang luar biasa asri. Tak heran, jika onjek wisata Jogja Candi Prambanan sangat populer dan pantang dilewatkan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Aktivitas seru yang Bisa Dilakukan di Candi Prambanan

Objek wisata Jogja Candi Prambanan yang indah dan megah ini bisa dinikmati mulai pukul 06.00 pagi sampai jam 17.00 sore. Namun, waktu yang paling asik untuk berkunjung adalah pada sore hari, karena pada saat inilah para wisatawan bisa melihat keindahan matahari senja, sekaligus menikmati keindahan candi dengan suasana teduh. Apabila datang siang hari, sebisa mungkin untuk membawa payung atau topi dan menggunakan sun block.

Kegiatan yang bisa dilakukan di objek wisata Jogja Candi Prambanan, yaitu sebagai berikut:

  1. Mempelajari sejarah

Candi merupakan tempat peninggalan sejarah, sudah jelas ada banyak sekali sejara budaya yang bisa dieksplorasi. Para wisatawan bisa mencari tahu perihal kapan, mengapa, dan berapa lama candi tercipta. Eksplorasi sejarah di Candi Prambanan bisa dilakukan pula dengan mengamati rupa dinding candi yang “bercerita”.

  • Memberi makan rusa

Para wisatawan cilik bisa mengunjungi candi sembari memberi makan Rusa yang berada di sisi lain kompleks candi. Makanan untuk Rusa-rusa candi juga sudha disediakan dan bisa dibeli di sana. Sehingga, para wisatawan tidak perlu repot membawa makanan Rusa dari luar kompleks candi.

  • Bersepeda keliling candi

Ada opsi lain, selain berjalan kaki untuk mengitari kompleks candi, yaitu dengan bersepeda. Di sekitar kompleks candi, ada banyak sepeda yang sengaja disewakan untuk wisatawan. Pilihan sepeda yang disediakan juga bervariasi, ada yang berkapasitas satu dan dua penumpang.

  • Menaiki kereta wisata

Jika berjalan kaki dan bersepeda terlalu melelahkan, para wisatawan bisa berkeliling kawasan candi dengan menaiki kereta wisata. Sehingga, para wisatawan yang datang bersama rombongan juga bisa menikmati pemandangan di kompleks candi tanpa khawatir terpencar.

  • Mengunjungi Museum

Selain menikmati panorama indah Candi Prambanan, di sini para wisatawan juga bisa mengunjungi sebuah museum yang berisi berbagai macam koleksi peninggalan kerajaan terdahulu. Ada pula ruang audiovisual untuk pemutaran film documenter proses pemugaran candi. Menarik sekali, kan?

  • Menonton pementasan Sendratari Ramayana

Pementasan ini biasanyapaling ditunggu wisatawan yang berkunjung pada musim kemarau. Sebab, pada musim kemarau, pementasan Sendratari Ramayana digelar di alam terbuka Tri-Murti dengan latar belakang candi yang indah. Sedangkan, jika musim hujan datang, pementasan akan digelar di panggung tertutup. Wisatawan yang ingin menyaksikanya bisa datang ke objek wisata Jogja Candi Prambanan pada pukul 20.00-22.00 WIB untuk melihat pertunjukan tersebut.

Untuk mengunjungi tempat wisata diatas Anda bisa memilih rental mobil jogja lepas kunci, sehingga Anda dan keluarga bisa menikmati waktu keluarga yang lebih memuaskan.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>