Tips Memulai Bisnis Fashion Untuk Pemula

Tips Memulai Bisnis Fashion – Tidak bisa dipungkiri lagi, di zaman sekarang ini, fashion dianggap sebagai identitas sosial di mata masyarakat. Fashion dapat dibilang sebagai modern art yang sekarang ini sangat cepat sekali perkembangannya.

Anak muda zaman sekarang sudah berada di level yang berbeda untuk antusiasme dalam bidang fashion. Maka dari itu, untuk kamu yang ingin memulai bisnis fashion, sangat penting sekali untuk kamu tahu bahwa memilih desain adalah bagian krusial dalam bisnis fashion ini. Untuk kamu yang ingin memulai bisnis fashion, Tokopedia punya beberapa tips yang berguna untuk diketahui. Simak tipsnya berikut!

Tips Memulai Bisnis Fashion
Temukan Karakter dan Ciri Khas Desain
Bagian ini merupakan hal yang sangat penting dalam memulai bisnis fashion. Kamu harus tahu ciri khas desain brand-mu agar berbeda dari merek-merek lainnya yang sudah ada. Kamu harus menemukan ide utama yang jadi sumber inspirasinya. Tentu ide orisinil harus kamu ciptakan terlebih dahulu agar calon pembeli dapat dengan mudah mengenali identitas brand-mu sebagai brand bisnis fashion yang memiliki nilai atau poin unik.

Aktif di Media Sosial
Kamu harus membangun image di media sosial secara profesional. Hal ini sangat penting karena di era digital ini, media sosial adalah wadah kamu untuk berkarir sebagai entrepreneur atau pebisnis yang sukses. Dengan menggunakan media sosial secara profesional, kamu juga bisa mulai berkolaborasi dengan influencer atau buzzer dengan profesi model maupun publik figur untuk digunakan sebagai pemotretan brand-mu.

Tokopedia menyediakan fitur Affiliate Marketing untuk kamu yang ingin mulai memperluas jangkauan tokomu. Dengan menggunakan fitur Affiliate marketing, kamu bisa berkolaborasi dengan influencer dan buzzer sesuai dengan branding dan target market mereka sendiri.

Sebelum memulai bisnis, hal utama yang perlu dipikirkan adalah menentukan pelanggan atau target market tokomu. Penentuan target market berfungsi untuk memfokuskan produk yang akan dijual. Dengan menentukan pelanggan di awal kamu memulai bisnis, kamu dapat lebih mudah dalam proses pemasaran dan menentukan jenis model seperti apa yang ingin dipasarkan.

Contohnya, tentukan siapa pembelimu. Apakah kamu akan menjual fashion wanita , fashion pria , atau fashion anak. Kamu pun bisa secara perlahan mengembangkan target marketmu agar dapat lebih banyak mendapatkan pelanggan.

Sebaliknya, jika kamu tidak menentukan secara pasti siapa pelanggan kamu, maka kamu akan sulit menentukan pemasaran dan produk yang akan kamu jual. Karena ini adalah dasar dalam memulai suatu bisnis, perlu sangat diperhatikan bagi pemula.

Buka Toko
Membuka toko secara online maupun offline, ini akan menjadi image kamu di pasar bisnis. Kamu harus memiliki tempat sebagai transaksi bisnis karena hanya dari sinilah calon pembeli bisa langsung berhubungan dengan kamu. Jika kamu belum memiliki cukup modal untuk membuka toko yang besar atay toko fisik, maka mulailah dari yang kecil, seperti membuka toko online seperti di Tokopedia. Di Tokopedia kamu bisa membuka toko secara gratis dan mudah untuk menjangkau ratusan ribu pembeli.

Jika kamu membuka toko secara online, kamu sangat dianjurkan untuk memposting konten atau hasil pemotretan brand kamu semenarik mungkin dan unik. Virgil Abloh desainer Louis Vuitton menegaskan jangan malas dan pelit dalam budgeting untuk melakukan pemotretan bersama model. Karena hal itu sangat berpengaruh sekali dalam menarik pelanggan untuk membeli pakaian kamu.

Jangan Cepat Puas
Merasa senang dan mengapresiasi diri atas kesuksesan yang berhasil kamu raih memang sah-sah saja, tetapi jangan cepat merasa puas dan terlena. Berkarir di industri fashion seperti ini, kamu harus terus berinovasi dan menantang diri untuk terus berkarya.

Seorang pebisnis sukses tidak pernah puas dan akan selalu mencari cara untuk mengembangkan bisnis dan produknya menjadi lebih baik lagi. Dengan cara inilah, kamu bisa memenangkan persaingan karena kamu tidak pernah berhenti memuaskan pelanggan.

Tentu saja cara diatas tidak akan berhasil jika kamu tidak benar benar berniat dalam hati untuk memulai bisnis fashion atau bisnis apapun itu. Seorang pebisnis muda tidak boleh malas dan cepat menyerah saat mengejar mimpi. Mengenali passion sejak dini dan sudah ada keinginan untuk berbisnis berarti kamu sudah ada di jalan yang benar dalam menempuh sebuah bisnis.

Semoga tips memulai bisnis fashion ini berguna untuk kamu yang ingin memulai bisnis fashion online. Selamat menjalankan bisnis yang menguntungkan untuk kamu dan berguna untuk orang banyak dimulai dari Tokopedia.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>